بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Daurah Al-Khor Sabtu Pagi – Masjid At-Tauhid
Syarah Riyadhus Shalihin Bab 45
🎙️ Ustadz Abu Hazim Syamsuril Wa’di, SH, M.Pd 𝓱𝓪𝓯𝓲𝔃𝓱𝓪𝓱𝓾𝓵𝓵𝓪𝓱.
🗓️ Alkhor, 27 Rabi’ul Akhir 1445 / 11 November 2023


Bab 45 – Pertemuan 9: Berziarah Kepada Para Ahli Kebaikan, Duduk-duduk Dengan Mereka, Mengawani -Menemani- Mereka, Mencintai Mereka, Meminta Mereka Supaya Berziarah Ke Tempat Kita, Meminta Doa Dari Mereka Serta Berziarah Ke Tempat-tempat Yang Utama

📖  Hadits 12:

وعن أَبي هريرة – رضي الله عنه – عن النَّبيِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: «النَّاسُ مَعَادِنٌ كَمَعَادِنِ الذَّهَبِ وَالفِضَّةِ، خِيَارُهُمْ في الجَاهِلِيَّةِ خِيَارُهُمْ في الإسْلاَمِ إِذَا فَقهُوا، وَالأرْوَاحُ جُنُودٌ مُجَنَّدَةٌ، فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ، ومَا تَنَاكَرَ مِنْهَا اخْتَلَفَ». رواه مسلم. وروى البخاري قوله: «الأَرْوَاحُ … » إلخ مِنْ رواية عائشة رضي الله عنها

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu dari Nabi ﷺ sabdanya: “Para manusia ini adalah bagaikan benda logam, sebagaimana juga logam emas dan perak. Orang-orang pilihan diantara mereka di zaman Jahiliyah adalah orang-orang pilihan pula di zaman Islam, jikalau mereka menjadi pandai -dalam hal agama. Ruh-ruh itu adalah sekumpulan tentara yang berlain-lainan, maka mana yang dikenal dari golongan ruh-ruh tadi tentulah dapat menjadi rukun damai, sedang mana yang tidak dikenalinya dari golongan ruh-ruh itu tentulah berselisihan -maksudnya ruh baik berkumpulnya ialah dengan ruh baik, sedang yang buruk dengan yang buruk.” (Riwayat Muslim)

Imam Bukhari meriwayatkan sabda Nabi ﷺ Al-Arwah dan seterusnya itu dari riwayat Aisyah radhiallahu ‘anha.

Keterangan: Dalam menafsiri pengertian perihal ruh itu ada yang saling kenal mengenal yakni ‘Ta’aruf dan ada yang tidak saling kenal-mengenal yakni Tanakur, maka Imam Ibnu Abdissalam berkata sebagai berikut: “Hal itu yakni kenal atau tidak kenal, maksudnya adalah mengenai keadaan sifat. Artinya andaikata Anda mengetahui seorang yang berlainan sifatnya dengan Anda, misalnya Anda seorang yang berbakti kepada Allah dan yang dikenal itu orang yang tidak berbakti atau mengaku ketiadaan Allah, sekalipun kenal orangnya, tetapi tidak saling kenal mengenal jiwa, ruh ataupun faham yang dianutnya. Sebaliknya jika orang itu sama dengan Anda perihal keadaan sifatnya, sama-sama berbaktinya kepada Allah, sama-sama berjuang untuk meluhurkan kalimat Allah, sama-sama membenci kepada kemungkaran dan kemaksiatan, maka selain kenal orangnya, juga sesuai jiwanya, sesuai ruhnya dan sejalan dalam faham yang dianutnya. Oleh sebab itu dalam sebuah hadis lain disebutkan bahwa seorang yang merasa jiwanya itu masih lari atau enggan mengikuti ajakan orang yang mulia dan utama amalannya, pula bagus kelakuannya, hendaknya segera mencari sebab-sebabnya, sekalipun ia sudah mengaku sebagai manusia muslim. Selanjutnya setelah penyakitnya ditemukan, hendaknya secepatnya diubati dan dibuang apa yang menyebabkan ia sakit sedemikian. Cara inilah yang sebaik-baiknya untuk menyelamatkan diri dari sifat yang buruk, sehingga ruhnya dan jiwanya dapat saling berkenalan dengan golongan orang-orang yang baik pula ruh dan jiwanya.”

📖 Syarah Hadits:

▪️ Perumpamaan manusia seperti barang tambang dari segi sifat dan nilainya.

Nabi ﷺ bersabda: Manusia adalah mineral seperti emas dan perak.

Dalam hadits ini terdapat analogi antara manusia dengan barang tambang. Kata مَعَادِنَ dalam hadits tersebut merupakan bentuk jama’ dari مَعْدِنٌ (barang tambang) yaitu sesuatu yang stabil atau tetap di dalam bumi. Artinya barang tambang memiliki suatu sifat atau nilai yang tetap walaupun zaman sudah berganti atau bentuk barang tambang itu telah berubah.

▪️Mineral emas dan perak berbeda-beda. Emas adalah logam yang paling berharga, tetapi kualitasnya juga bervariasi. Mungkin saja ada jenis emas murni, atau mungkin juga emas yang campuran. Demikian pula, perak, walaupun lebih rendah nilainya daripada emas, ia adalah salah satu logam yang mulia. Dan emas, walaupun disimpan di dalam lumpur, jika diangkat dan dibersihkan maka akan tetap menjadi emas.

▪️Maksud dari خِيَارُهُمْ فِي الْجَاهِلِيَّةِ خِيَارُهُمْ فِي الْإِسْلَامِ إِذَا فَقُهُواadalah bahwa ada sifat yang menetap atau tidak berubah dari manusia walaupun zaman sudah berganti dan ia telah berubah dari sebelum masuk islam menjadi masuk islam. Jadi antara logam dan manusia itu memiliki sifat/nilai/potensi yang menetap dan tidak berubah walaupun bentuk dan zaman telah berganti.

▪️Di antara barang tambang dan manusia keduanya sama-sama memiliki nilai, potensi, kehebatan diri, bakat yang tetap dan tidak berubah meski terjadi perubahan bentuk maupun orientasi kehidupannya.

▪️ Hakikatnya, seseorang seseorang yang melakukan transformasi dalam kehidupannya (misal: jahiliyyah menjadi islam) tidak akan merubah nilai individu/potensi dirinya.

▪️ Nilai individu itu bahkan dapat semakin mengukuhkan/mendorong kehidupan yang dipilihnya seiring dengan adanya kefahaman terhadap kehidupan dan agamanya yang lebih baik (misal: sifat Sahabat Umar semakin mendorong dakwah islam setelah ia memahami islam).

Jiwa adalah Tentara yang Dipersiapkan…

▪️Kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Dan jiwa adalah tentara, tentara yang dipersiapkan… yaitu, jiwa mengalami ketertarikan atau penolakan sesuai dengan karakter apa mereka diciptakan, jadi dia akan condong kepada orang-orang yang sependapat dengan mereka dan menolak orang-orang yang berbeda pendapat dengan mereka, dan ini adalah sesuatu yang nyata terlihat di antara manusia.

Maka orang-orang yang berakhlak mulia, beragama baik, shaleh, dan baik hati, mereka akan condong kepada orang-orang yang seperti mereka, dan orang-orang yang jahat akan tertarik pula pada apa yang mirip dengan mereka, dan kecenderungan jiwa juga diciptakan untuk melakukan hal seperti ini dan sudah tabiatnya (bawaannya).

Dalam syarahnya, Imam An Nawawi menuliskan, “Ruh-ruh itu saling mengenal karena suatu perkara yang Allah mencipta mereka di atasnya.. Bersebab isi dunia ini hanyalah keimanan atau keingkaran; mereka yang taat pada Allah akan mudah dipertautkan dengan sesama hamba yang taat, dan dipisahkan dengan yang durhaka.”

Beliau juga mengutip Sahabat Abdullah ibn Mas’ud yang berkata, “Ruh itu seperti halnya tentara yang dipersiapkan. Mereka akan bertemu dengan yang sepadan.”

Jika kita lihat maka akan sering kita dapati :
• Jiwa yang berusaha berjihad dijalan Allah maka akan senang berkumpul dengan jiwa-jiwa yang berjihad dijalan Allah..
• Jiwa yang suka berderma dan baik hati akan cinta kepada yang semisalnya dan akan merasa condong kepadanya.
• Begitu pula jiwa yang berlebihan memandang dunia dalam kehidupan ini, dia pun akan merasa nyaman, dan condong kepada jiwa yang setipe dengannya..
• Sedangkan jiwa yang tidak baik akan berkawan dengan yang sejenis dan akan condong kepadanya serta akan menjauh dari setiap jiwa yang berlawanan dengannya.

Qatadah rahimahullah berkata :
Sesungguhnya kami, demi Allah belum pernah melihat seseorang menjadikan teman buat dirinya kecuali yang memang menyerupai dia maka bertemanlah dengan orang-orang yang shalih dari hamba-hamba Allah agar kamu digolongkan dengan mereka atau menjadi seperti mereka.” (Al Ibanah 2/477 nomor 500)

Dalam hadits ini juga memiliki arti besar yang mungkin bisa ditemukan dalam ilmu-ilmu modern seperti psikologi misalnya, dan bahkan dalam ilmu manajemen dan sejenisnya.

Kita akan menemukan ada teori-teori sekarang bahwa anak-anak yang tumbuh dengan baik dan memiliki potensi untuk menjadi pemimpin, jika diarahkan dan dilatih dia bisa memiliki kecenderungan untuk menjadi pemimpin, demikian halnya untuk profesi lainnya seperti penulis yang bisa dikembangkan sesuai dengan bakatnya.

🏷️ Kandungan hadits:

▪️Berbagai kebaikan pada masa Jahiliyyah tidak dihitung (tidak dianggap) kecuali jika pelakunya telah memeluk Islam.
▪️Ilmu dan pemahamanlah yang membuat manusia ini bercahaya, bukan kedudukan dan harta benda.
▪️Perkenalan antar sesama ruh itu tergantung pada karakter yang telah melekat padanya, tetapi harus ada pelatihan jiwa agar jiwa itu bisa mencintai dan bergabung dengan orang-orang mukmin dan shalih serta menjauh dari orang-orang kafir, musyrik, dan para pelaku biď’ah.

•┈┈┈┈┈┈•❀❁✿❁❀•┈┈┈┈┈•

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ ، وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لا أَعْلَمُ

Ya Allah, aku meminta pada-Mu agar dilindungi dari perbuatan syirik yang kuketahui dan aku memohon ampun pada-Mu dari dosa syirik yang tidak kuketahui”.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم