This text will be replaced
3569
Created on 08 December 2012
394 likes

Description

Kajian Wakra Doha pada 08 12 2012 oleh Ustadz Cecep Suherlan.

Pembahasan tafsir kali ini Ustadz Cecep menerangkan makna dan faedah dari Surat Al fatihah ayat pertama sampai empat yang secara ringkas diawal surat Allah memberi peringatan kepada seluruh mahkluk akan kebesaranNya Rabb semesta alam.

Juga kabar gembira bahwa sifat rahman kasih sayang Allah meliputi seluruh mahkluk terlebih lagi bagi orang mukmin. Sehingga terangkum dalam diri seorang hamba beribadah kepada Allah dengan rasa takut, cinta dan berharap padaNya.

مَالِكِ يِوْمِ الدِّيْنِ

Para ‘ulama ahli tafsir telah menafsirkan makna Ad Din dari ayat diatas adalah hari perhitungan dan pembalasan pada hari kiamat nanti.

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنَ

Secara kaidah etimologi (bahasa) Arab, ayat ini terdapat uslub (kaidah) yang berfungsi memberikan penekanan dan penegasan. Yaitu bahwa tiada yang berhak diibadahi dan dimintai pertolongan kecuali hanya Allah suhanahu wata’ala semata. Sesembahan-sesembahan selain Allah itu adalah batil. Maka sembahlah Allah suhanahu wata’ala semata.

Sementara itu, disebutkan permohonan tolong kepada Allah setelah perkara ibadah, menunjukkan bahwa hamba itu sangat butuh kepada pertolongan Allah suhanahu wata’ala untuk mewujudkan ibadah-ibadah yang murni kepada-Nya.

Selain itu pula, bahwa tiada daya dan upaya melainkan dari Allah suhanahu wata’ala. Maka mohonlah pertolongan itu hanya kepada Allah suhanahu wata’ala. Tidak pantas bertawakkal dan bersandar kepada selain Allah suhanahu wata’ala, karena segala perkara berada di tangan-Nya.

Tags

Associations

Back to Top