BAM 2010

Basmallah

QS - Al Baqarah : 261, artinya

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[1] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

[1]. Pengertian menafkahkan harta di jalan Allah meliputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah dan lain-lain.

Rasulullah Shallallahu'alaihiwasalaam bersabda : "Sedeqah itu tidak mengurangi harta.." (Shahih, HR : Muslim)

"Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka ALLAH melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dlm masalah hutang), maka ALLAH memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi (aib) seorang muslim, maka ALLAH akan menutup (aib)nya di dunia dan akhirat. ALLAH senantiasa menolong hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya.." (Shahih, HR: Muslim, Ahmad, Abu Dawud dll)

Alhamdulillahi Rabbi'alamin..
Segala puji bagi ALLAH, Tuhan Seru Sekalian Alam..

Semoga Shalawat serta salam tetap tercurah kepada Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam, juga kepada keluarga beliau, para sahabat, dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan kebaikan sampai akhir zaman..

Ikhwan dan Akhwat sekalian yg di Rahmati ALLAH Subhanahuwata'ala..

Berikut ini adalah Laporan Keuangan dan Kegiatan Baitul-Mal Assunnah-Qatar tahun 2010. Kami mohon kesedian antum sekalian untuk mereviewnya,..

Program Kerja Baitul-Mal Assunnah-Qatar (BaM-AQ) - 2010

1. Pengumpulan Dana ZIS dari para Donatur Tetap Bam-AQ.


Donatur Tetap dimaksud adalah daftar anggota para Donatur Tetap Baitul-Mal Assunnah Qatar berikut jumlah dana ZIS nya yang telah diinfaqkan ke BaM-AQ selama ini. Jumlah Donatur Tetap (Don-Tap) yg tercatat adalah 58 orang donator. Sesuai kesepakatan awal iuran infaq tetap ini ditetapkan QR 100/orang/bulan.

  • Saldo dana ZIS awal tahun 2010 = QR 13,226,-
  • Rincian dana zis terkumpul setiap bulan di tahun 2010, sbb :
NO Bulan Diterima Disalurkan
1 Januari QR 2,450,- QR 3,000,-.
2 Februari QR 3,410,- QR 3,800,-.
3 Maret QR 4,300,- QR 3,525,-.
4 April QR 3,700,- QR 3,300,-
5 Mei QR 3,200,- QR 3,300,-
6 Juni QR 4,100,- QR 6,400,-
7 Juli QR 2,250,- QR 3,100,-
8 Agustus QR 1,550,- QR 4,500,-
9 Sepetember QR 19,046,- QR 4,800,-
10 Oktober QR 3,068,- QR 2,700,-
11 November QR 2,000,- QR 4,050,-
12 Desember QR 3,450,- QR 3,985,-

  • Total Dana ZIS yang diterima di tahun 2010 = QR 52,524,-
  • Total Dana ZIS yang disalurkan di tahun 2010 = QR 63,710,-
  • Saldo dana ZIS Akhir Desember-2010 = QR 19,790,-. terbagi : pada Kas = QR 10,540,- dan QR 9,250,- pada program Simpan-Pinjam BaM-AQ.
2. Menyalurkan dana infaq terkumpul untuk mendukung beberapa kegiatan sebagai berikut:

2a. Pengembangan dakwah Islam kepada Masyarakat Indonesia di Qatar


1. Memperbanyak kajian Ilmu Islam di lingkungan Masyarakat Indonesia di Qatar. Berikut beberapa kajian Islam di Qatar antara lain:
  1. Kajian Ilmu, rutin Senin malam (khusus laki2), di Masjid dekat Ar-Rawnaq Wakra oleh Ustadz Ahmad Gufron.
  2. Kajian Ilmu, rutin Sabtu pagi (untuk keluarga), di Masjid Ar-Rumi dekat Police Station Wakra, oleh Ustadz Cecep Suherlan.
  3. Kajian Ilmu, rutin Sabtu pagi (Untuk Keluarga), di Masjid Al-Huda Al-Khor Community, Oleh Ustadz Isnan Effendi.
  4. Kajian Ilmu, rutin Jum'at pagi (untuk Keluarga), di Rumah bpk Hendi, Al-Mansoura Doha, Oleh Ustadz Cecep Suherlan.
  5. Kajian Ilmu, rutin Selasa pagi (khusus Wanita), dirumah Ibu Ina Harlan, Les-Roses Compound, Doha. Oleh Ustadz Isnan Effendi.
  6. Kajian Ilmu, rutin Rabu pagi (khusus Wanita), Wakra (tempat berpindah2 sesuai Jadwal), oleh Ustadz Nurman Kiraman.
  7. Kajian Ilmu, rutin Jum'at pagi (untuk Keluarga), di rumah bpk. Ahmad Zam Zam, Komplex MIC, Messaieed, oleh ustadz Hari Susanto.
  8. Kajian Ilmu, rutin Jum'at malam (untuk Keluarga), di rumah bpk. Suherman, komplex MIC, Messaieed, oleh ustadz Cecep Suherlan.
2. Memperbanyak Kajian Islam dan Tahfidzul Qur’an untuk anak-anak dan remaja Indonesia di Qatar.
  1. Kajian dan Pendidikan tahfidzul Qur'an untuk anak-anak dan Remaja di LG camp, Messaied. Kegiatan ini terhenti sejak Agustus 2010.
  2. Tahfidzul Qur'an dan Pendidikan Islam buat anak-anak dan remaja Wakra, setiap Jum'at pagi dan Sabtu pagi. koordinator bapak Sutikno.
  3. Daurah Akbar dengan mendatangkan Ulama-ulama dari Indonesia:
1. Daurah Akbar bersama Ustadz Zainal Abidin, Maret 2010.
2. Daurah Akbar bersama Ustadz Yazid bin Abdul Qadir jawas, January 2011
3. Saat ini ada cadangan dana sebesar QR 6,000,- untuk program ini.
4. Daurah Akbar dengan Para Syech atau ulama-ulama di Qatar:
  • Daurah bersama Syekh Nasir (Imam dan Khatib masjid Wakra) di bulan january 2010.
  • Program ini perlu diteruskan lagi, dan perlu kerja-sama dengan para mutawa (muazzin) di Qatar.
2b. Pengembangan dakwah Islam di Indonesia.

1. Program Bea-Siswa pendidikan di Ma’had-ma'had atau PonPes di Indonesia.
  • Jumlah penerima bea-siswa, saat ini ada 6 orang, dibeberapa ma'had yaitu:
  1. Muhtadi, Jurusan : Syariah, STDI Imam Asy-Syafi'i Jember, mulai Feb-2008
  2. Atno Fajri, Jurusan: Idhad Lughawi, Ma'had Aly Imam Syafi'i Cilacap, mulai Agustus-2008 sbg pengganti akhi Mahdi yg diterima di Univ. Madinah.
  3. Faqih Hamzah, Jurusan: Syariah, STDI Imam Asy-Syafi'i Jember, Mulai Juli 2010, sebagai pengganti akhi Agil Pradana yg telah selesai studynya di Alirsyad Salatiga.
  4. Amrin Mustafa, Jurusan: Syariah, STDI Imam Asy-Syafi'i Jember, Mulai Juli 2010, sebagai pengganti akhi Isrun Abdurrahman yg telah menyelesaikan studynya dari Ma'had Aly Imam As-Syafe'i Cilacap.
  5. Suhuf Subkhan, program S2 pada UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, mulai Juli 2010, sebagai pengganti akhi Irsun A. Badrun yg telah menyelesaikan studynya dari Ma'had Aly Imam As-Syafe'i Cilacap dan melanjutkan studynya ke Universitas Madinah.
  6. Muhammad Unais, Madrasah Tsanawiyah pada Daqta Islamic Boarding School, pondok kopi Jakarta, mulai Juli 2010, sebagai pengganti akhi Dady Hamzallah Katsir yg telah menyelesaikan studynya dari Ma'had Al-Irsyad Surabaya dan melanjutkan studynya ke Universitas Madinah.
  • Total dana infaq yang dikeluarkan setiap bulan sebesar Rp 2, 6 juta,-
  • Alhamdulillah..Di Tahun 2010 ini, 2 orang penerima bea-siswa telah diterima untuk melanjutkan study mereka di Universitas Madinah, Sehingga Total menjadi 3 orang anak asuh BAM Assunnah-Qatar saat ini belajar dinnul Islam di universitas Madinah, mereka adalah :
  1. Mahdi dari Ma'had Imam Syafi'i Cilacap, masuk Universitas Madinah Agustus -2008.
  2. Dady Hamzalah Katsir berasal dari Al-Irsyad Surabaya, masuk Universitas Madinah oktober 2010.
  3. Irsun A. Badrun berasal dari Ma'had Imam Syafi'i Cilacap, masuk Universitas Madinah Oktober 2010.
Insya ALLAH, kita merencanakan untuk menambah 4 orang penerima Bea-Siswa ditahun 2011 yg dikhususkan untuk Tsnawiyah, sehingga menjadi total 10 orang. Total dana infaq yang akan dikeluarkan berkisar Rp 4 jt / bulan. 

2. Membantu (secara Finansial sesuai kemampuan yg ada) dana untuk honor Ustadzustadz pengajar di Ma’had atau Tahfidz Qur’an Center atau Pondok Pesantren di Indonesia.
  • Total dana infaq yg dikeluarkan sebesar Rp 4 jt / bulan yang diperuntukkan antara lain:
1. Untuk Bantuan proses pendidikan di Yayasan Al-Hanif Cilegon Rp 1 jt.
2. Untuk Bantuan Konsumsi santri di Pon-Pes Ubay bin Kaab  Lombok, asuhan ustadz Fattah, Rp 1 jt.
3. Untuk Bantuan Honor Ustadz2 pengajar (8 orang) di Tahfidzul Qur’an Center Imam Jazary di Bekasi, asuhan Ustadz Ali Subana, sebesar Rp 2 jt.
  • Untuk Bantuan honor ustadz pengajar Ma’had Ukhuwah Islamiyah, Lombok via ustadz Nurman = Qr 400,-/bulan.
3. Membantu (secara Finansial sesuai kemampuan yg ada) dana untuk biaya konsumsi Anak-anak Yatim-Piatu atau para santri yg tidak mampu melalaui Pondok Pesantren atau yayasan-yayasan Islam di Indonesia.

4. Membantu (secara Finansial sesuai kemampuan yg ada) dana untuk biaya kajian atau Daurah yg diadakan oleh lembaga atau yayasan Islam di Indonesia.

5. Program Waqaf, yaitu berusaha membantu mengumpulkan dana waqaf dari warga muslimin di Qatar, untuk membantu program2 waqaf dari beberapa Yayasan di Indonesia , baik berupa pengadaan tanah ataupun pembangunan sarana Ibadah dan pendidikan Islam. Beberapa proposal program Waqaf yang masuk ke BaM Assunnah-Qatar dan saat ini sedang berjalan adalah :
  • Program Waqaf pembebasan tanah dan pembangunan gedung untuk SDIT "Anak Shaleh"  di Bogor, Bimbingan ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas.
  • Program Waqaf pembangunan gedung pendidikan asrama santri Pondok Pesantren Riyadhus Sholihiin, Cimanuk - Pandeglang, Asuhan Ustadz Fachrudin Nu'man Lc.
2c. Kegiatan atau bantuan Sosial kepada Masyarakat Indonesia yg berpenghasilan rendah di Qatar dan di Indonesia.
  1. Bantuan Sosial di Qatar, tahun 2010 = QR 350,-
  2. Bantuan Sosial untuk Indonesia tahun 2010 : Untuk Bantuan Merapi = QR 1,000,-.
  3. Membina hubungan dengan para Ustadz/Muazzin Indonesia di Qatar.
1. Program Simpan-Pinjam, untuk membantu meringankan beban konsumsi para Ustadz-ustadz (Muazzin) Indonesia di Qatar.
  • Program ini adalah sebuah program yang betujuan memberikan pinjaman kepada yang membutuhkannya, tanpa unsur Riba. Dimana pinjaman akan dicicil oleh peminjam sesuai kemampuan mereka, maksimum pinjaman diberikan sebesar Qr 6,000,- dengan asumsi cicilan Qr 500/ Bulan selama 12 bulan, sehingga pinjaman dilunasi dalam 1 tahun.
  • Dana diperoleh dari simpanan para anggota (saat ini berjumlah 14 orang). Simpanan ini merupakan tabungan dari para anggota yang bisa diambil setiap saat.
  • Total Dana terkumpul sebesar QR 39,500,- yang terdiri dari : Dana simpanan yg terkumpul dari para Donatur, di tahun 2010 sebesar QR 30,250 dari 14 orang Donatur, dan Dana titipan dari BaM Assunnah Qatar sebesar QR 9,250,-
  • Total Dana yg telah diputar-pinjamkan selama tahun 2010, sebesar QR 66,500,-
  • Kami tetap membuka kesempatan kepada para Ikhwan muslimin member Assunnah Qatar untuk sudilah kiranya ikut membantu program ini agar bisa mengurangi beban rekan2 kita para mutawa dan lainnya (termasuk kita2 juga) dengan secara kontinyu mau menyimpan sedikit uang savingnya pada kami untuk kami pergunkan dalam program ini.. Insya ALLAH uang simpanan antum tetap aman pada kami..
2. Program Arisan-Mutawwa
  • Program ini adalah program arisan antara para muazzin dengan Assunnah Qatar, Total membernya ada 40 orang, dimana masing2 mengumpulkan uang QR 1,000,-/bulan untuk kemudian diserahkan kepada yg mendapatkan arisan tersebut secara bergiliran, Koordinatornya Ustadz Maraguna.
  • Saat ini adalah program Arisan putaran ke 2, dimana putaran pertama telah kami selesaikan dengan sukses dan banyak sekali manfaatnya untuk para Mutawa dan member arisan lainnya al: membeli kendaraan, membuat rumah di indonesia, investasi dll..
3. Membina Web-Site dan miles-group Assunnah-Qatar.

1. Web-site kita bernama : http://www.ssunnah-qatar.com .
2. Miles group bernama :  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., total member saat ini : 1024 member terdaftar

Demikianlah Laporan ini kami buat dengan sebenar-benarnya, dengan harapan agar menjadi rujukan antum sekalian dan menambah motivasi kita semua untuk terus berinfaq melalui BaM Assunnah-Qatar. Kedepannya, Kami sangat mengharapkan partisipasi yang lebih aktif lagi dari antum sekalian, saran-saran dan ide-ide untuk terus mengembangkan fungsi Baitul mal Assunnah-Qatar ini agar lebih berperan dalam kehidupan dan pegembangan dakwah Islam untuk masyarakat Indonesia di Qatar dan di Indonesia.

Semoga ALLAH Subhanahuwata'ala meridho'i dan memberkahi upaya kita ini.. dimudahkan segala urusan dan permasalahannya..
Semoga ALLAH Azzawajalla selalu melindungi dan melimpahkan kita dengan Rahmat dan Hidayah-NYA.. Amiin ya Rabb..

Sekretariat BaM-Assunnah Qatar

www.assunnah-qatar.com

Taufik Mursito - 55022093