Mukadimah

arabPentingnya bahasa Arab adalah perkara yang sudah tidak asing bagi kita. al-Qur’an yang membawa bimbingan hidup bagi umat manusia adalah sebuah kitab yang berbahasa Arab. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya Kami menurunkannya (al-Qur’an) berupa bacaan yang berbahasa Arab semoga kalian mau memikirkan.” (QS. Yusuf : 2). Demikian pula hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga diriwayatkan dalam kitab-kitab ensiklopedi hadits dengan bahasa Arab.

Syaikhul Islam rahimahullah berkata: Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan kitab-Nya dengan bahasa ‘Arab dan menjadikan Nabi-Nya penyampai Al-Qur’an dan As-Sunnah dari-Nya dengan bahasa ‘Arab, menjadikan orang-orang yang pertama kali masuk Islam berbicara dengan bahasa itu. Maka tidaklah agama dipahami dengan baik dan benar kecuali dengan mempelajari bahasa ‘Arab. Sehingga mempelajarinya termasuk bagian agama dan jadilah kebiasaan berbicara dengannya lebih memudahkan bagi pemeluknya dalam memahami Islam. Lebih dekat pada penegakan syi’ar-syi’ar agama serta lebih dekat pada mencontoh generasi pertama yang memeluk Islam dari kalangan Muhajirin dan Anshar dalam seluruh urusan agama mereka.

Bahasa itu berhubungan dengan banyak perkara lainnya: ilmu-ilmu agama dan akhlak. Sesungguhnya kebiasaan-kebiasaan mempunyai pengaruh yang besar pada apa yang dicintai dan dibenci Allah Subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itulah syari’at datang memerintahkan manusia berpegang teguh dengan kebiasaan-kebiasaan generasi pertama dalam masalah ucapan dan perbuatan serta melarang keluar darinya kepada selainnya tanpa ada kebutuhan yang mendesak. (Iqtidha’ Ash-Shirathil Mustaqim karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, hal. 64-68)

Ilmu syariat ini memiliki banyak cabang dan bagian di mana semuanya memiliki hubungan erat dengan bahasa Arab. Dengan demikian, ia adalah bagian yang tidak dapat dilepaskan dari agama ini. Silakan baca artikel selengkapnya tentang hubungan antara bahasa Arab dalam penerapannya terhadap syariat…

Imam Syafi'i berkata: "Manusia tidak menjadi bodoh dan selalu berselisih paham kecuali lantaran mereka meninggalkan bahasa Arab, dan lebih mengutamakan konsep Aristoteles". [Siyaru A’lamin Nubala : 10/74.]

Itulah ungkapan Imam Syafi'i buat umat, agar kita jangan memarginalkan bahasa kebanggaan umat Islam. Seandainya sang imam menyaksikan kondisi umat sekarang ini terhadap bahasa Arab, tentulah keprihatian beliau akan semakin memuncak. 

Umar bin Khaththab pernah menulis surat kepada Abu Musa yang berisi pesan: "Amma ba'du, pahamilah sunnah dan pelajarilah bahasa Arab".

Beliau juga mengatakan: "Pelajarilah bahasa Arab, sebab ia mampu menguatkan akal dan menambah kehormatan". [Tarikh Umar bin Khaththab, karya Ibnul Jauzi, 225.] 

Jadi, bahasa Arab tetap penting, Bahkan menjadi ciri khas kaum muslimin. Seyogyanya menjadi perhatian kaum muslimin. Dengan memahami bahasa Arab, penguasaan terhadap Al Qur’an dan As Sunnah menjadi lebih mudah. Pada gilirannya, akan mengantarkan orang untuk dapat menghayati nilai-nilainya dan mengamalkannya dalam kehidupan. 

Program Kegiatan Bahasa Arab Online

Latar Belakang

  1. 1.      Pentingnya pemahaman bahasa Arab dalam penerapan syariat seperti dalam Mukadimah di atas.
  2. 2.      Ketahuilah bahwa kebiasaan berbahasa mempengaruhi perkembangan pola pikir, akhlak, dan agama dengan pengaruh yang amat jelas dan kuat. Demikian juga menyerupai generasi awal umat ini dari kalangan shahabat dan tabi’in, akan menambah baik akal, agama, dan akhlak.
  3. 3.      Keterbatasan penuntut ilmu di Qatar dalam menggunakan bahasa Arab meskipun tinggal di Negara Arab karena penggunaan bahasa Inggris dalam lingkup pekerjaan dan aktifitas sosial mereka.
  4. 4.      Keterbatasan waktu karena perbedaan jam kerja dan tempat yang berjauhan menjadikan semangat mempelajari bahasa Arab menjadi terhambat.

Atas dasar tersebut, kami para penuntut ilmu di Qatar berusaha memfasilitasi kegiatan pembelajaran bahasa Arab secara online yang telah kami rencanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

Metode

Menggunakan sistem belajar bahasa Arab On-Line, dengan menggunakan program aplikasi "www.wiziq.com". Bagaimana cara Registrasi di wiziq.com silakan ikuti panduannya di dalam lampiran.

Dengan wiziq, proses Belajar-Mengajar bisa dilakukan dari rumah masing-masing, kita bisa belajar bahasa Arab dengan tidak harus mendatangai tempat kursus, namun cukup melalui media komputer dirumah secara on-line real time, dan bila kita tidak bisa mengikuti belajar on-line saat real time nya, maka kita juga bisa mengikutinya dari recording (siaran ulang) nya disaat waktu luang kita.

Peralatan yang diperlukan adalah seperangkat komputer yang dilengkapi minimal dengan microphone dan speaker, lebih baik jika ditambah dengan webcam dan koneksi internet yang cukup.

Buku Panduan

Buku yang dipergunakan dalam kursus online ini menggunakan Buku panduan Durus al-Lughah al-Arabiyyah li ghair al-natiqina biha oleh Shaykh Dr. V. 'Abdur-Raheem (Universitas Islam Madinah).

Silakan download berbagai versinya di sini:

Arabic Textbook:
Book 1 | Book 2 | Book 3

Indonesian Textbook:

English Key:
Book 1 | Book 2 | Book 3

Arabic Solutions:
Book 1 | Book 2 | Book 3

Software Shorf Portable:
 
Syllabus All in One Seluruh Buku Arabic
EBook pelengkap Syllabus:
Qira'ah 1
Ta'bir 1
Ta'bir 2
Glossary (Kamus istilah / kata yang digunakan dalam kitab Durusul Lughah 1-4, dalam Bahasa Inggris)

Peserta dan Guru

Kursus online ini terbuka untuk umum, diutamakan bagi WNI yang berdomisili di Qatar. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bagi rekan–rekan lain yang berdomisili di luar Qatar, dengan ketentuan mampu menyesuaikan waktu dan tersedianya koneksi internet yang memadai. Tentunya kami tidak akan membebani mereka dengan iuran yang diperlukan.

Guru kita dalam pembelajaran ini adalah Ustadz Isnan Effendi.

Tugas

Tugas-tugas atau latihan-latihan juga akan diberikan secara on-line pula, dan tugas/latihan ini dikerjakan di kertas latihan kemudian di scan dgn file jpg atau pdf, kemudian hasil scannya dikirim ke email ustad Isnan. Oleh Ustad Isnan tugas atau Latihan ini akan di print-out dan kemudian diperiksa dan diberi nilai. Setelah diperiksa, oleh Ustad Isnan kembali di scan dan dikirim balik ke masing-masing peserta.

Ujian

Ujian Per-BAB, setiap selesai satu BAB pelajaran, maka akan diberikan ujian untuk BAB tersebut yang dilaksanakan secara on-line. Waktu ujiannya akan ditentukan kemudian.

Ujian umum, yaitu Ujian yang dilaksanakan dalam sebuah pertemuan, dimana setiap peserta harus hadir dalam pertemuan yang dirancang khusus agar setiap peserta bisa bertemu muka satu sama lain dan dengan Ustad Isnan.. Ujian akan dilakukan dalam bentuk Lisan dan Tulisan, dalam pertemuan ini setiap peserta wajib berbahasa Arab. Tempat pertemuan tidak tetap disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang berlaku nanti.

Untuk sementara hanya untuk Ikhwan (bapak-bapak saja), apabila sudah lancar akan dibuka khusus untuk akhwat (para Ibu-ibu).

Jadwal:
In syaa ALLAH, program Pelajaran bahasa Arab secara online ini akan dilakukan 3 kali perminggu, yaitu pada setiap hari: Senin, Rabu, Sabtu ba'da Maghrib dimulai jam 18:30 - 19:30. (Waktu mungkin akan berubah sesuai dengan perubahan musim).
Pelajaran Bahasa Arab ini akan kita mulai Hari Rabu, tanggal 1 Mei 2013.

Biaya:
Setiap peserta diharapkan bersedia untuk berinfaq sebesar QR 50/bulan (minimal,boleh lebih). Hal ini diperlukan untuk menutupi biaya pemakaian "Wiziq Unlimited Attendance" sebesar US $ 690,-/tahun atau setara QR 2500/tahun dan biaya tambahan yang lainnya.

Pendaftaran

Waktu: Dimulai sekarang sampai 30 April 2013.

Pendaftaran dilakukan dengan mengirim alamat email ke email Ustad Isnan : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau melalui Wahtsup atau SMS ustad Isnan di no 55378449. Selanjutnya email antum ini akan didaftarkan ke wiziq sebagai "student"nya Ustad Isnan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bersemangatlah terhadap segala hal yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah, dan jangan lemah.” (HR. Muslim [2664] dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu)

Semoga Allah ta’ala memudahkan jalan kita untuk menggapai surga-Nya. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh di jalan Kami niscaya Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan menuju keridhaan Kami.” (QS. al-’Ankabut : 69). Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Rekaman

Rekaman hasil kelas online dapat dilihat di sini

Doha, 16 Jumadil Akhirah 1434 H

Assunnah-Qatar