Belajar Bahasa Arab Online
Format Kajian Kitab
Lokasi Luar Negeri
Added on Friday, 10 May 2013
Tema Campuran
Durasi 0:00
Edition date May 2013
Country Qatar
Label Bahasa Arab
Catalog Number 172
Keterangan
Tags Luar Negeri

Review

Mohon Perhatian: Waktu Loading diperlukan sekitar 1-2 Menit tergantung koneksi internet antum....

Mukadimah

Pentingnya bahasa Arab adalah perkara yang sudah tidak asing bagi kita. al-Qur’an yang membawa bimbingan hidup bagi umat manusia adalah sebuah kitab yang berbahasa Arab. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya Kami menurunkannya (al-Qur’an) berupa bacaan yang berbahasa Arab semoga kalian mau memikirkan.” (QS. Yusuf : 2). Demikian pula hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga diriwayatkan dalam kitab-kitab ensiklopedi hadits dengan bahasa Arab.

Syaikhul Islam rahimahullah berkata: Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan kitab-Nya dengan bahasa ‘Arab dan menjadikan Nabi-Nya penyampai Al-Qur’an dan As-Sunnah dari-Nya dengan bahasa ‘Arab, menjadikan orang-orang yang pertama kali masuk Islam berbicara dengan bahasa itu. Maka tidaklah agama dipahami dengan baik dan benar kecuali dengan mempelajari bahasa ‘Arab. Sehingga mempelajarinya termasuk bagian agama dan jadilah kebiasaan berbicara dengannya lebih memudahkan bagi pemeluknya dalam memahami Islam. Lebih dekat pada penegakan syi’ar-syi’ar agama serta lebih dekat pada mencontoh generasi pertama yang memeluk Islam dari kalangan Muhajirin dan Anshar dalam seluruh urusan agama mereka.

Bahasa itu berhubungan dengan banyak perkara lainnya: ilmu-ilmu agama dan akhlak. Sesungguhnya kebiasaan-kebiasaan mempunyai pengaruh yang besar pada apa yang dicintai dan dibenci Allah Subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itulah syari’at datang memerintahkan manusia berpegang teguh dengan kebiasaan-kebiasaan generasi pertama dalam masalah ucapan dan perbuatan serta melarang keluar darinya kepada selainnya tanpa ada kebutuhan yang mendesak. (Iqtidha’ Ash-Shirathil Mustaqim karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, hal. 64-68)

Ilmu syariat ini memiliki banyak cabang dan bagian di mana semuanya memiliki hubungan erat dengan bahasa Arab. Dengan demikian, ia adalah bagian yang tidak dapat dilepaskan dari agama ini. Silakan baca artikel selengkapnya tentang hubungan antara bahasa Arab dalam penerapannya terhadap syariat…

Imam Syafi'i berkata: "Manusia tidak menjadi bodoh dan selalu berselisih paham kecuali lantaran mereka meninggalkan bahasa Arab, dan lebih mengutamakan konsep Aristoteles". [Siyaru A’lamin Nubala : 10/74.]

Itulah ungkapan Imam Syafi'i buat umat, agar kita jangan memarginalkan bahasa kebanggaan umat Islam. Seandainya sang imam menyaksikan kondisi umat sekarang ini terhadap bahasa Arab, tentulah keprihatian beliau akan semakin memuncak. 

Umar bin Khaththab pernah menulis surat kepada Abu Musa yang berisi pesan: "Amma ba'du, pahamilah sunnah dan pelajarilah bahasa Arab".

Beliau juga mengatakan: "Pelajarilah bahasa Arab, sebab ia mampu menguatkan akal dan menambah kehormatan". [Tarikh Umar bin Khaththab, karya Ibnul Jauzi, 225.] 

Jadi, bahasa Arab tetap penting, Bahkan menjadi ciri khas kaum muslimin. Seyogyanya menjadi perhatian kaum muslimin. Dengan memahami bahasa Arab, penguasaan terhadap Al Qur’an dan As Sunnah menjadi lebih mudah. Pada gilirannya, akan mengantarkan orang untuk dapat menghayati nilai-nilainya dan mengamalkannya dalam kehidupan.

Selengkapnya...

Belajar Bahasa Arab Online

No more entries to show...

Kajian lain dengan tema sejenis:

Chronology