Kitab Ad-Durar Al-Bahiyyah
Format Kajian Kitab
Lokasi
Added on Friday, 03 December 2010
Tema Fikih
Durasi 0:00
Edition date March 2010
Country
Label
Catalog Number
Keterangan
Tags

Review

KENAPA THAHARAH DULU?

Kalau anda membuka kitab-kitab fiqih, niscaya akan anda dapati bahwa para ulama memulainya dengan kitab thaharah. Apa rahasia dan sebabnya?! Minimal ada tiga alasan di balik itu semua:

Pertama: Karena thaharah merupakan syarat sahnya shalat yang merupakan ibadah yang paling utama.

Kedua: Pembersihan itu sebelum perhiasan. Seperti kalau ada anak putri yang masih kotor penuh debu dan kita ingin memakaikan padanya baju baru dan perhiasan, apakah akan langsung kita pakaikan ataukah kita memandikannya terlebih dahulu?! Demikian pula thaharah, dia adalah pembersihan dan shalat adalah perhiasannya.

Ketiga: Sebagaimana seorang membersihkan badannya maka hendaknya dia juga membersihkan hatinya. Hal ini merupakan peringatan kepada pembaca atau penuntut ilmu agar meluruskan niatnya terlebih dahulu dari kotoran-kotoran hati. [Tanbihul Afham hal. 7 dan Syarh Mumti’ 1/27, Ibnu Utsaimin.]

Tentang Kajian

Kajian ini merupakan hasil rekaman Daurah Fiqih Nasional (20-29 Rabiul Awal 1431 H / 6-15 Maret 2010) yang membahas Kitab Ad-Durar Al-Bahiyyah (Mutiara yang Indah) karya Al-Imam Asy-Syaukani rahimahullah.

Materi-materi yang disediakan adalah seluruh materi yang disampaikan ketika Daurah tersebut. Adapun struktur filenya bisa dibagi menjadi 4 :

a. File Materi Daurah (Bab Thaharah-Bab Jihad)
b. File Taushiyah (Diisi oleh beberapa asatidzah yang ikut hadir dalam Daurah Fiqih ini)
c. File Muhadarah Masyaikh (Nasehat yang disampaikan langsung oleh Syaikh Fauzan dan Syaikh Zaid bin Muhammad Al-Madkhali)
d. File Tanya Jawab (Berisi kumpulan tanya jawab di hari ke-4 dan hari ke-10)

Semoga kaum muslimin bisa mengambil manfaat dari materi-materi tersebut.

File download tersebut adalah copyright sepenuhnya dari www.an-nashihah.net dan tasjilat.

Kitab Ad-Durar Al-Bahiyyah

No more entries to show...

Kajian lain dengan tema sejenis:

Chronology