Kategori Artikel Review Media Kajian

Audio Review

Alhamdulillah segala puji bagi Alloh , sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada baginda Rosululloh shollallohu alaihi wasallam kepada keluarganya para sahabatnya dan orang-orang yang senantiasa hidup diatas sunnahnya.

Para pembaca yang dirahmati Alloh . . .
Ayat-ayat Alqur'an dan hadits-hadits annabawiyyah sangatlah banyak menyebutkan keutamaan ilmu dan ulama' , dan mereka para ulama' Assalafus Shalih faham betul akan keutamaan ilmu sehingga mereka berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Mereka rela bersusah payah dan mengadakan perjalanan yang jauh demi mendapatkan penafsiran sebuah ayat atau meriwayatkan sebuah hadits dari seorang ulama.

Undangan-Isnan

Kenapa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda di dalam haditsnya,

 

خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ

“Sebaik-baik manusia adalah generasiku kemudian setelah mereka kemudian setelah mereka (HR. Al-Imam Al-Bukhari no. 2457, 2458 dan Al-Imam Muslim no. 4600, 4601, 4602 dari shahabat Abdullah bin Mas’ud dan Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash.)

Kenapa tiga generasi ini dimuliakan oleh Allah Subhanahu wata’ala dan Rasul-Nya. Demikian pula kenapa Allah Subhanahu wata’ala mengangkat derajat mereka di dalam firman-Nya,

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Al Mujaadilah: 11)

Di dalam ayat yang lain Allah Subhanahu wata’ala berfirman.

نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَنْ نَشَاءُ

"Kami tinggikan siapa yang Kami kehendaki beberapa derajat." (Al An’aam: 83)

Kata Imam Malik rahimahullahu ketika beliau menjelaskan ayat ini, "Yaitu dengan berilmu seseorang akan diangkat derajatnya oleh Allah Subhanahu wata’ala."  

Kesemuanya itu disebabkan karena ‘uluwul himmah (tingginya semangat) yang ada pada mereka.

Ilmu merupakan hal yang paling mulia yang diinginkan oleh orang-orang yang menginginkannya. Dan ilmu merupakan perkara yang paling mulia yang dituntut oleh orang-orang yang hendak menuntutnya. Dan ilmu adalah hal yang paling bermanfaat bagi orang yang hendak mencarinya dan mengusahakan untuk mendapatkannya.

Marilah kita melihat potret gigihnya para ulama terdahulu dalam menuntut ilmu , dan semoga potret para ulama ini menggugah semangat kita untuk terus bersungguh-sungguh dan bersabar dalam menuntut ilmu.

Berikut rekaman Daurah Warga Melayu di Qatar yang disampaikan oleh Ustadz Abdusy Syahid hafidhahullaahuta'aala yang alhamdulillah telah terlaksana pada hari Sabtu, 29 Maret 2014 di Masjid 232 Barwa Village-Doha Qatar:

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Download

Video Kajian di sini...

go-sunnah

Mailing List

Masukan email anda:


Mailing List Assunnah-Qatar, adalah sebuah model media virtual yang diupayakan untuk menghidupkan sunnah, berdasarkan manhaj Ahlus Sunnah Wal Jama'ah yang sesuai dengan apa yang dipahami oleh As-Salafus As-Shalih, insya Allahu Ta'ala. Oleh karena itulah, menjadi sesuatu yang niscaya agar kita meniti manhaj Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

Update Artikel

Masukan email anda:

Join us on facebook 16 Facebook