Kategori Artikel Review Media Kajian

Audio Review

Beriman kepada Hari Akhir - Jembatan Siroth

Ikhwatul kiraam, pernahkah engkau mendengar tentang shirat?? bila iya, maka bekal apa yang telah kita siapkan agar bisa selamat menyebranginya hingga ketepian? sungguh tanpa bekal amal shaleh yang diterima-Nya mustahil kita akan selamat menitinya. Banyak orang awwam mengatakan bahwa shirat adalah titian rambut yang dibelah tujuh, benarkah pernyataan ini? Bila kita belum pernah mendengar tentang shirat ini mari ikuti  kajian tentang ash-shirat ini disertai dengan dalil yang shahih dan rajih dengan harapan agar kita semuanya mempersiapkan diri sejak sekarang supaya nantinya tidak menyesal dan selamat dalam menitinya. Amiin.

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda:

” Ash-shirat dibentangkan diatas punggung jahannam.Aku dan umatku yang pertama kali melewatinya.Hanya para rasul yang berhak berbicara pada hari itu. Do’a para rasul adalah :”Ya, Allah selamtakanlah mereka, selamatkanlah mereka”.Diatas Jahannam itu terdapat jangkar-jangkar yang bagaikan duri sa’dan.Tahukah kalian apa duri Sa’dan itu? [Sa'dan adalah sejenis tumbuhan yang dipenuhi dengan duri pada segala sisinya--penulis]Kami menjawab: Ya.Sungguh ia seperti duri Sa’dan. Hanya Allah sajalah yang mengetahui besarnya. Mereka semua akan diperlakukan sesuai dengan amal perbuatan mereka” (HR. Bukhari, kitabu riqaaq bab: Ash-Shirat adalah jembatan diatas Jahannam. Muslim no.182, kitabul Iman).

Agar kita dipermudah dalam meniti jembatan ini: Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda: "Masjid itu adalah rumah setiap orang yang bertaqwa, Allah memberi jaminan kepada orang yang menganggap masjid sebagai rumahnya, bahwa ia akan diberi ketenangan dan rahmat serta kemampuan untuk melintas shirathal mustaqim menuju keridhaan Allah, yakni syurga." (HR. Thabrani no. 6143 Jilid 6 dari sahabat Abu Darda radhiyallohu'anhu, berkata Al--Bazaar sanadnya hasan dan dihasankan oleh Al-Mundziri dalam At-Taghrib dan disahihkan Al-Bani dalam Sahih At-Taghrib).

Video Kajian

go-sunnah

Mailing List

Masukan email anda:


Mailing List Assunnah-Qatar, adalah sebuah model media virtual yang diupayakan untuk menghidupkan sunnah, berdasarkan manhaj Ahlus Sunnah Wal Jama'ah yang sesuai dengan apa yang dipahami oleh As-Salafus As-Shalih, insya Allahu Ta'ala. Oleh karena itulah, menjadi sesuatu yang niscaya agar kita meniti manhaj Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

Update Artikel

Masukan email anda:

Join us on facebook 16 Facebook