Kategori Artikel Akhlak dan Nasehat

Akhlaq dan Nasehat

Intisari Daurah Qatar ke-10 pada Kajian 1

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

اَلدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ، الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ، الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ، قَالُوْا: لِمَنْ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: ِللهِ، وَلِكِتَابِهِ، وَلِرَسُوْلِهِ، وَِلأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ أَوْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ، وَعَامَّتِهِمْ.

“Agama itu adalah nasihat, agama itu adalah nasihat, agama itu adalah nasihat. Mereka (para Sahabat) bertanya: ‘Untuk siapa, wahai Rasulullah?’ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: ‘Untuk Allah, Kitab-Nya, Rasul-Nya, Imam kaum Muslimin atau Mukminin, dan bagi kaum Muslimin pada umumnya.”
(HR. Muslim (no. 55 (95)), Abu Dawud (no. 4944), an-Nasa-i (VII/156-157), Ibnu Hibban (Ta’liiqatul Hisaan ‘ala Shahih Ibni Hibban no. 4555), Ahmad (IV/102-103), al-Baihaqi (VIII/163), dan ini lafzah milik Ibnu Hibban dan Ahmad, dari Sahabat Abu Ruqayyah Tamim bin ‘Aus ad-Daari)

Imam Nawawi rahimahullah dalam Riyadhus shalihin. Nasihat itu adalah memberikanan an nush-hu kepada orang lain. An nush-hu adalah mencintai kebaikan bagi orang lain, mengajak kebaikan kepada orang tersebut, memberikan dorongan untuk berbuat kebaikan.

Nasehat bagi Alloh ta'aala

Makna nasihat bagi Alloh ta'aala adalah memberikan kebaikan kepada Allah Ta’ala. Apakah Alloh ta'aala membutuhkan kebaikan? Kalau Alloh ta'aala menyuruh kepada kita, bukan untuk Alloh, tapi untuk kita sendiri.

Allah Ta’ala berfirman: “Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad : 7)

Allah Ta’ala berfirman dalam hadits Qudsi pada hari kiamat, "Wahai hamba-Ku, kalau orang-orang terdahulu dan yang terakhir di antara kalian, sekalian manusia dan jin, mereka itu bertaqwa seperti orang yang paling bertaqwa di antara kalian, tidak akan menambah kekuasaan-Ku sedikit pun. Jika orang-orang yang terdahulu dan yang terakhir di antara kalian, sekalian manusia dan jin, mereka itu berhati jahat seperti orang yang paling jahat di antara kalian, tidak akan mengurangi kekuasaan-Ku sedikit pun juga." (Penggalan hadits riwayat Muslim no. 6737).

Syaikh Utsaimin Rahimahullah menyatakan :
1. Adapun nasihat kita kepada Alloh ta'aala adalah melakukan seluruh ibadah dengan ikhlas karena Allah semata. Karena dorongan cinta untuk melaksanakan perintah Alloh ta'aala agar Alloh mencintai kita.
2. Termasuk nasihat kepada Allah Ta’ala adalah seseorang selalu berdzikir kepada Allah baik dengan hati, lisan dan seluruh anggota badan.
3. Diantara bentuk nasehat kepada Allah Ta’ala adalah membela agamanya dan syariat syari'at-Nya.
4. Diantara bentuk nasehat kepada Allah Ta’ala adalah menjadi org yg menyeru mengajak manusia kepada Allah Ta’ala. Yang merupakan fungsi para rasul.

Nasehat bagi Kitab Alloh

Syaikh Utsaimin mengatakan, maksudnya membenarkan seluruh isi yang ada dalam kitab yang asli. Kecuali Alquran yang selalu terjaga.
1. Nasihat kepada kitab Alloh ta'aala : meyakini kitab itu adalah kalam Allah Ta’ala.
2. Wajib meyakini Alquran adalah sifat Alloh, karena dia kalamullah. Wajib diyakini dan disucikan. Seperti do'a aku berlindung dengan kalimat Alloh.
3. Wajib dipahami, karena satunya jalan untuk mengaplikasikan. Pengamalan akan dilaksanakan jika dipahami. Yang kedua, memahami Alquran mengundang hidayah dan taufik-Nya.
4. Mengajarkan dan mendakwahkannya.
5. Membelanya dari upaya orang yang akan menghancurkan.

Nasehat bagi Rasul

1. Beriman sepenuhnya kepada kerasulannya.
2.  Membenarkan seluruh informasi yang beliau sampaikan baik masuk akal atau tidak, masa lalu atau akan datang.
3. Benar dalam hal Ittiba, mengikuti sunnah beliau, faedahnya:

  1. Alloh akan mencintai kita dan menghapuskan dosa-dosa.
  2. Selain itu, kita akan memperoleh pahala setara dengan 50 orang dari pahala para sahabat. [HR.Abu Daud: 4341, At Tirmizi: 3058].
  3. Tanda-tanda ashabul yamin di akhirat.

4. Menghormati para sahabatnya, memuliakan mereka dan mencintai mereka. Karena sahabat seseorang adalah orang yang khusus bagi dirinya,  dan para sahabat nabi dipuji Alloh dan dijamin Nabi shallallahu alaihi wasallam. (QS. Al-fath 29).

Ikuti audio kajian ini:

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Download

Download di sini

go-sunnah

Mailing List

Masukan email anda:


Mailing List Assunnah-Qatar, adalah sebuah model media virtual yang diupayakan untuk menghidupkan sunnah, berdasarkan manhaj Ahlus Sunnah Wal Jama'ah yang sesuai dengan apa yang dipahami oleh As-Salafus As-Shalih, insya Allahu Ta'ala. Oleh karena itulah, menjadi sesuatu yang niscaya agar kita meniti manhaj Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

Update Artikel

Masukan email anda:

Join us on facebook 16 Facebook